Rabu, 03 September 2014

HISTORIA VITAE MAGISTRA EST

Oleh
Deden Wahyudin, M.Pd


Tidak ada satu manusia sebagai mahluk Tuhan di muka bumi ini yang tidak memiliki kehidupan di masa lalu. Pastinya setiap manusia mempunyai masa lalu yang bisa dikenang olehnya. Kehidupan masa lalu, selalu dijadikan pijakan bagi sebagian orang yang merasakan bahwa masa lalu tersebut adalah bagian dari masa sekarang dan masa yang akan datang. Ada suatu pepatah yang mengatakan “ jangan sesekali melupakan sejarah”, adapun maksud dari pepetah tersebut adalah bahwa manusia harus menyadari dari mana mereka berasal, oleh siapa mereka dibesarkan, sehingga manusia tersebut menjadi manusia yang berhasil. Apabila manusia sudah menyadari akan hal itu, maka manusia tersebut tidak akan disebut “ kacang lupa akan kulitnya”
            Masa lalu yang dialami seseorang tidak semuanya bersifat kelam, mungkin ada sebagaian besar orang mempunyai masa lalu yang dapat dikatakan indah dan mungkin masa-masa tersebut tidak serta merta mudah dilupakan. Tidak hanya kenangan-kenangan yang indah saja yang sulit dilupakan, kadang kita sulit juga untuk melupakan kenangan-kenangan yang dianggap kurang indah. Dengan begitu apa yang harus kita sikapi dengan pengalaman-pengalaman kita di masa lalu yang sebanarnya relative sulit untuk dilupakan sehingga menjadi pengalaman kita itu tidak sia-sia. Ada sebuah filosofi Yunani yang terkenal “ Historia Vitae Magistra” yang artinya sejarah adalah guru yang terbaik dalam kehidupan.   Filosofi ini dijadikan pijakan bagi bangsa Eropa yang sampai sekarang sehingga menjadikan bangsa Eropa menjadi bangsa yang besar. Bangsa Eropa selalu menghargai sejarahnya sendiri, artinya mereka bangga akan kejayaan peradaban Eropa di masa lalu yang diawali dari kejayaan peradaban Yunani dan Romawi, sehingga bangsa Eropa sendiri selalu menjadikan pijakan sejarah kejayaan masa lalunya untuk kehdupan di masa sekarang di masa dan di masa yang akan datang. Dari filosofi tersebut mengisyaratkan bahwa pengalaman di masa lalu harus dijadikan pembelajaran (educative) bagi kita untuk melangkah di masa sekarang terlebih pengalaman-pengalam tersebut dijadikan pedoman di masa yang akan datang. Dengan begitu, manusia yang selalu menjadikan pengalaman dimasa lalu nya sebagai pijkan, maka akan timbul rasa bijak dalam hidupnya
Sebuah filosofi
Kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia dibangun dari sejarahnya yang panjang. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini yang kita lihat menjadi suatu negara yang besar dalam pembentukan dan perkembangannya di masa lalu tidak selalu mulus. Para pejuang terdahulu yang memberi andil dalam pembentukan NKRI ini dengan segala cara untuk melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan dan  menjadikan negara Indonesia tersebut menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Dengan begitu, kita yang hidup dimasa sekarang harus mengambil pelajaran dari sejarah para pejuang terdahulu yang bersusah payah melepaskan dari belenggu penjajahan bangsa-bangsa kolonial. Bagi kita sebagai insan manusia harus tetap belajar baik dari pengalaman kita sendiri, lebih-lebih dari pengalaman orang lain. Baik pengalaman tersebut adalah pengalaman yang baik atau pengalaman yang buruk, dan jadikan pengalaman tersebut sebagai pedoman kita melangkah di masa sekarang atau masa depan. Adapun manfaat bagi kita yang selalu belajar dari pengalaman adalah kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu karena masa lalu kita jadikan pembelajaran yang berharga.

62 komentar:

  1. Pa saya, M. Rizal Al F dari kelas XI MIA 5,
    sudah membaca artikel bapa, terima kasih.

    BalasHapus
  2. pak saya Audi Rauf dari kelas X MIA 5 saya sudah membaca artikel bapa dan menurut saya isinya bagus terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya Gladys Risna Sudirman, Kelas XI MIA5. Saya sudah membaca Pa. Artikel Bapa ini sangat bagus, menjadi termotivasi akan sekarang dan taun yang akan mendatang menjadi lebih baik dari masa lalu. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Pak saya Thytania Yuniarni Gunawan kelas XI MIA 5. saya sudah membaca artikel ini dan saya sangat suka dengan isi dan makna nya karena membuat saya termotivasi agar menjadi yang lebih baik dari masalalu. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Saya Omega Anggun Raspati dari Kelas X-MIA-5 . Saya sudah membaca artikel bapa tentang Historia Vitae Magistra . Menurut saya artikelnya sangat bagus untuk mengetahui pentingnya sejarah . Terima kasih

    BalasHapus
  6. Nama Michael Surya Ch kelas XI MIA 5, udah baca. makasih

    BalasHapus
  7. reza faisal abdillah kelas XI MIA 5 artikel bapa sangat bagus dan saya setuju bahwa masa lalu jangan di lupakan karena masa yg indah dan termotivasi yg masa akan datang

    BalasHapus
  8. Saya Fuad Hasan kelas XI MIA 5.Saya telah membaca artikel ini. Terimakasih

    BalasHapus
  9. Pak, saya Raihan Fajar kelas XI MIA 5 telah membaca artikel bapak. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, bapak saya Diana Three Aferty kelas XI MIA 5. Saya sudah membaca dan juga memahami artikel bapak tentang Historia Vitae Magistra . artikel ini sangat bagus, dan juga memotivasi agar kita menjadikan pengalaman sebagai pelajaram untuk melangkah kedepannya. Terimakasih pak :)

    BalasHapus
  11. sekedar mengingatkan; nanti kalian memberi tanggapan terhadap tulisan bapak di lembar lain satu lembar di tulis di format A4 Times New Roman Spasi 1,5 satu lembar penuh...dikembangkan dalam bahasa sendiri. nanti kalian boleh mengaitkan dengan pengalaman kalian atau apa saja kaitan dengan judul yang bapak tulis,

    BalasHapus
  12. Saya Aria Binekas W dari kelas XI-MIA-5 pa,saya sudah baca artikel/Jurnal bapa,menururt saya artikel yg bapa buat menarik pa! , terimakasih pa

    BalasHapus
  13. saya Ira Puspita Dewi kelas XI Mia 5. saya sudah membaca artikel bapa, artikel bapa ini sangat bagus sekali sehingga saya termotivasi agar memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi di masa lalu, dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang

    BalasHapus
  14. saya florentina dari kelas XI MIA 5 sudah membaca artikel bapak. artikel ini sangat memotivasi. terimakasih pak :)

    BalasHapus
  15. Pak...saya tersanjung dengan artikel bapa karena telah mengingatkan saya kepada masalalu saya...saya akan mengamalkan makna dari artikel tersebut..terimakasih pa deden.

    BalasHapus
  16. saya Yanti kelas XI MIA 5, pa saya sudah membaca artikel bapa, terimakasih

    BalasHapus
  17. Pak, saya Shinta Mahrani dari XI MIA 5 sudah membaca artikel bapak ini, terimakasih pak

    BalasHapus
  18. saya Laela Hayati kelas XI MIA 5 sudah membaca artikel bapa ini, terimakasih pak :)

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum, Saya Mohammad Arief W XI MIA 5, saya sudah membaca artikel bapa sangat mengesankan dan membuat termotivasi

    BalasHapus
  20. saya Vika Melati dari kelas XI MIA 5 sudah membaca artikel bapa:)

    BalasHapus
  21. saya gilang prayoga dari kelas XI MIA 5 saya sudah membaca artikel bapa , maaf saya pake emailnya aria ,karna saya lupa passwrd email sendiri , terimakasih

    BalasHapus
  22. saya putri adya kelas XI - MIA 5, sudah membaca artikel bapak, maaf ya pak saya pake email ayah saya. makasih..

    BalasHapus
  23. saya nadya aulia dari xi mia 5 sudah membaca artikel bapak, terimakasih pak..

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum saya Rina Nuraeni dari XI MIA 5 sudah membaca artikel bapak, terimakasih

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum saya Dodi Gustiawan dari kelas XI MIA 5 sudah membaca artikel bapak, terima kasih.

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum saya viqri maulana dari XI MIA 5 sudah membaca artikel bapak, terimakasih

    BalasHapus
  27. Pak saya Arzunnita kelas XI MIA 5. saya sudah membaca artikel ini dan saya sangat termotivasi dan yakin akan pentingnya sejarah. maaf saya mengomentari melalui email Thytania dikarenakan email saya tidak bisa terbuka terimakasih.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum, saya Nurafifah Febriani dari XI MIA 5. Saya sudah membaca artikel bapak, menurut saya artikel bapak ini menjadi motivasi bagi saya dan teman-teman saya untuk belajar segala sesuatu itu dari pengalaman yang baik maupun yang buruk. Maaf pak saya berkomentar memakai e-mail Irna dikarenakan e-mail saya tidak bisa di buka. Terima kasih.

    BalasHapus
  29. BAPAK INGATKAN UNTUK KELAS XI MIA 5. BAGI SISWA YANG TIDAK MEMASUKAN TUGAS TANGGAPAN INI, BAPAK YAKINKAN SISWA TERSEBUT BAPAK AKAN BACKLIS UNTUK SELAMANYA DAN TIDAK AKAN BAPAK BERI NILAI, SEKALIPUN ITU NILAI RAPORT..KASIH TAU YANG LAIN YANG BELUM MEMBUAT TUGAS NI

    BalasHapus
  30. assalamualaikum pak, ini sama Jajang dp dari X MIA 1 Mekar Arum. saya sudah membaca artikel bapak. hatur nuhun pak.

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum pak Deden. Saya Ilyassanny dari X Mia 1 Mekar Arum. Saya sudah membaca artikel bapak.

    BalasHapus
  32. assalamualaikum pak .. ini saya Andika Kelas X MIA 1 ..
    Dika sudah baca artikel bapa ..
    yg intinya "sejarah adalah guru terbaik"
    terima kasih ...

    BalasHapus
  33. assalammualaikum pak ... ini saya tri jaka pamungkas kelas X MIA 1 ..
    saya sudah membaca artikel bapa terima kasih pak....

    BalasHapus
  34. assalamualaikum, pak ini rindi rohaeni dari kelas X-MIA1 Mekar Arum. Saya sudah membaca artikel bapak

    BalasHapus
  35. pak saya irna nur oktaviani kelas XI mia 5 sman27. saya sudah membaca artikel bapak, isinya bagus dan menarik pak.

    BalasHapus
  36. assalammualaikum pa, saya rian setiawan dari kelas X ipa 1. saya telah membaca artikel bapa

    BalasHapus
  37. assalammualaikum pa, saya firman syaidi dari kelas X ipa 2. saya telah membaca artikel bapa yang sangat bagusssssssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Firman kamu yang di komentari bukan artikel yang ini tapi artikel yang judulnya' Korupsi, Apakah Pembudayaan Masa Lalu"

      Hapus
  38. pak saya cindy putri a dari kelas XI MIA 5 . saya sudah membaca artikel ini dan isinya sangat bagus juga membuat saya termotivasi. maaf saya mengomentari melalui email thytania dikarenakan email saya tidak bisa dibuka. terimakasih.

    BalasHapus
  39. Assalammuallaikum Pa saya lulu tia shania X MIA 1 Mekar Arum. Saya sudah membaca artikel bapa.

    BalasHapus
  40. Assalammuallaikum Pak,,, Saya Tresnawati X MIA 1 Mekar Arum . Saya sudah membaca artikel Bapak.

    BalasHapus
  41. Assalammuallaikum pa ini sama latifah nur kholik X MIA 1 Mekar Arum. Saya sudah baca artikel bapa.

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum pa,ini imas dari kelas X MIA 1 sudah membaca artikel bapa,mkasih pa wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  43. Bapak saya SHELLA dari x IPA 1 SMA mekar Arum saya sudah membaca artikel ini

    BalasHapus
  44. Assalammuallaikum pa ini sama sofya anggraeni X MIA 1 Mekar Arum. Saya sudah baca artikel bapa.

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum bapa ini sama annisa putri pratiwi dari mekar arum kelas X MIA 1 sudah membaca artikel bapa

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum pa ini saya sri fajar sari dari kelas X IPA 1 sudah membaca artikel bapa.

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum wr.wb, saya Ipram Purwanto dari kelas XI MIA 5 sudah membaca artikel ini, menurut saya artikel ini mengesankan. Terima kasih.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum pa ini sama alma fauziah dari kelas X MIA 1 saya sudah membaca artikel bapa.

    BalasHapus
  49. asalammualaikum pa saya pian sopian dari kelas x mia 1 saya telah membaca artikel bapa. .terima kasih pa

    BalasHapus
  50. assalammuallaikum pa ini sama wulandari nesha yolanda X MIA 1 Mekar Arum. saya sudah membaca artikel bapa

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum Pak saya Nia Trisnawati kelas X MIA 1 SMA Mekar Arum, saya sudah membaca artikel bapak. Terima kasih

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum Pak saya Aulia Dewi Rahayu kelas X MIA 1, saya sudah membaca artikel bapak. Terima kasih pak...

    BalasHapus
  53. assalamualikum wr wb pak saya elavn dari kelas x-mia 5. pak maaf saya baru bisa mengerjakan tugas dari bapak,,sekali lagi maaf .pak saya sudah membaca artikel ini saya sangat suka,karna pengalaman saya banyak sekali mau yang senang maupun sedih..berapa berharganya pengalam itu pak sampai kapan pun saya tidak bisa melupakan pengalam saya.terimakasih banyak pak ..wassalamualaikum

    BalasHapus
  54. pak saya khrysti putri sartika : kelas : x-mia 1,sudah membaca artikel bapak,maaf pak saya baru ngirim komentar hari ini,soalnya kemarin khrysti salah penegrtian.mohon dimaafkan.terimakasih

    BalasHapus
  55. Ass.pak saya Nissa Aulia dari X MIA 1 sudah membaca artikel bapak yang berjudul"humaniora vitae magistra" menurut saya artikelnya benarik , membangun , memotivasi , inspiratif , dan positif . maaf jika saya baru mengirim komentarnya sekarang karena kemarin ada kesalahan . mohon dimaafkan . terimakasih atas artikel yang sangat bagus ini pak .

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum pa. Ini badai kelas 10 ipa 1 sudah membaca artikel bapa. Maaf badai baru komen sekarang soalnya badai salah baca artikel.

    BalasHapus
  57. Ass.pak saya Irena astri utami dari X MIA 1 sudah membaca artikel bapak yang berjudul"humaniora vitae magistra" menurut saya artikelnya benarik , membangun , memotivasi , inspiratif , dan positif . maaf jika saya baru mengirim komentarnya sekarang

    BalasHapus
  58. Ass.pak saya Ramadhan Zaelani dari X MIA 1 sudah membaca artikel bapak , maaf kalo saya mengirim nya telat , terimakasih

    BalasHapus
  59. bagus pak artikelnya, mungkin dengan penambahan filosofi tentang pancasila sebagai ideologi negara dan menerangkan tentang sejarah indonesia yang lebih rinci mungkin akan lebih menarik. "jas merah" pak. salam dari mahasiswa hukum yang sedang membuat skripsi.

    BalasHapus
  60. Ni anak anaknya di wajibin baca artikel ini ya. Sampe harus absen haha

    BalasHapus