Sabtu, 04 Desember 2010

MISTIK JEPANG SUPRANATURAL AND MYSTERIOUS JAPAN OLEH Catrien Ross

Penulis seorang yang dilahirkan di Jakarta, Ia dilahirakan dari dua perpaduan dua kebudayaan yang berbeda, ibunya orang Indonesia asli dan ayahnya berasal dari Skotlandia dan akhirnya dia tinggal di Skotlandia ketika dia berumur empat tahun. Penulis sebagai anggota dari U.S Satate of Aizone Economic Mission yang datang ke Asia untuk membuka kantor perdagangan di Taipe, Taiwan, dan terakhir ke Jepang. Karena tnujuan awal penulis datang ke Jepang untuk melakukan bisnis, jadi dalam benak penulis ini tidak ada pikiran lain selain untuk melakukan bisnis dan hanya sekedar menikmati keindahan negara di Asia yang bernuansa ke barat-baratan. Awal penulis tertarik terhadap hal –hal yang berbau mistis atau yang bersifat supranatural khususnya hal-hal supranatural di Jepang ketika dia tinggal dni rumah tradisional Jepang. Berbagai cerita dari masyarakat bahwa rumah yang ditinggalnya itu, memiliki nilai-nilai magis atau dengan perkataan yang lain berpenghuni hantu-hantu Jepang. Penulis tidak lama tingga d rumah itu, bukan karena alasan penulis itu takut tapi ada hal-hal lain yang mengharuskan penulis pindah dari rumah itu. Penulis itu pindah rumah, rumah yang tinggalinya sekarang jaraknya tidak jauh dari rumah yang pertama ia tinggali. Penulis pindah rumah setelah berkenalan dengan seorang wanita Jepang bernama Shizuko yang bertemu saat berpapasan dijalan dan akhirnya mereka berkenalan. Karena dia sudah mengalami kejadia aneh ketika tinggal dirumah yang pertama ditinggalnya, dan pertemuan yang kebutulan yang dengan wanita Jepang yang bernama Shizuko membuat penulis sadar akan adanya suatu hal yang tersembunyi dan mengalir di dalam kehidupan sehari-hari. Hal membuat penulis semakin tertarik dan menambah tentang hal-hal yang bersifat mesterius. Karena semakin tertariknya terhadap hal-hal seperti, maka dalam diri penulis ini semakin banyak perubahan, dan keterlibatannya dalam kehidupan spiritual Jepang semakin intens. Dia memulai penelitiannya di dunia supranatural Jepang,termasuk ekspolarisi pada aliran Ki, ini merupakan peluang besar bagi penulis untuk menulusuri libih dalam.Akhirnya penulis menganggap bahwa jalan inilah yang harus dijalaninya, dan dia menganggap benar jalan yang sedang dijalaninya sekarang ini. Dalam mendalami masalah supranatural Jepang ini, dia mempunya kenalan yang membantu dia dalam meneliti supranatural khususnya aliran ki ko, dan akhirnya ia mengikujti kelas Ki ko KPPI (Kementrian perdagangan Internansional dan Industri) yang di instrukturi oleh seorang pendeta. Penulis ini dalam pembelajarannya banyak sekali mendapat pengetahuan tentang apa yang sedang dipelajarinya. Selain itu juga penulis mendapat pengetrahuan tentang hal-hal permainan telepati, ramal meramal. Ketika ada pengetahuan baru yang di sebut “ Neo Budhist” ini penemuan dalam ilmu fisika yang membawa ilmu pengatahuan alam kemistisan dunia timur lebih dekat dengan sebelumnya.. Nomura teman dekat penulis menjembati antara dunia ilmu pengetahuan dan dunia supranatural yang akhirnya observasi terhadap sudut pandang baru tentang mitis dan supranaural terus berlanjut.
Informasi mengenai hal-hal supranatural di Jepang dalam bahasa Inggris sangat jarang ditemui. Oleh karena itu penulis harus bekerja dua kali selain meniliti sekaligus menerjemahkan terlebih dahulu. Disini penulis dibantu oleh Abe Yukio dalam hal menerjemahkan sumber. Disjini penulis menentukan versi sendiri tentang hal-hal supranaturl yang diangak dalam buku ini. Dalam buku ini penulis memutuskan bahwa yang paling penting bahwa cerita hantu tersebut telah menjadi bagian dari cerita rakyat di Jepang. Perlu kita ketahui babhwa orang Jepang sangat menyukai cerita-cerita hantu.
Diakhir penulis, mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak tertuma Ab Yukio karena telah sabar dalam menerjemahkan sumber-sumber yang saya perlukan ketika menyusun buku ini. Sebenarnya penulis ketika tertarik terhadap hal-hal supranatural Jepang, penulis tidak berencana untuk menulis sebuah buku. Penulis juga menyadari bahwa dalam menulis buku harus ada banyak bantuan dari pihak lain, dan penulis menganggap bahwa menulis buku itu merupakan hal yang sangat besar.

“ Setelah kami menganalis kenapa penulis sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau supranatural, sedangkan kita tahu bahwa penulis ini adalah seorang bisnismen. Akhirnya kami membuat kesimpulan bahwa penulis terikat kepada budaya asalnya yang mana dianut oleh lingkungan keluarganya”

Bagian I
Dalam Pencarian Supranatural

Di Jepang ada sebuah gunung yang bernama Osore terletak di Ujung semenanjung Shimokita, dibagian Tohoku Utara, gunung ini dianggap tempat yan mirip dengan bulan, tandus,dan tiada pepohonan.Disamping itu mengalir mata air sulfur yang mendidih yang menebarkan bau yang tidak sedap.Ditengah-tengah kawah tebentang dananu Usori yang memancarkan suasana sunyi dan suram. Orang-orang Jepang percaya bahwa orang yang menyebrangni danau itu maka ia tak akan kembali selama-lamanya. Pemandangan danau itu menggambarkan imajiner alam neraka. Gunung ini dipercaya sebagai tempat dimana orang yang masnih hidup bisa bertemu denga orang yang sudah mati. Dalam istilah lokal, orang yang sudah mati berarti “ Telah pergi ke Gunung”. Di gunung inilah orang bisa melakukan kontak dengan keluarga yang sudah meninggal. Dimasa kini di Jepang dalam hal melakukan kontak dengan orang-orang yang sudah meninggal diadakan pestival khusus yang diadakan dua kali dalam setahun.Even yang utamanya adalah Festival Ozorezan Jizo di musim panas yang dioadakan di kota di kota Mutsu, dari tanggal 20 hingga 24 Juli. Festival yang kedua diadaskan pada Oktober dari tanggal 9 hingga tanggal 11.
Orang yang ingin melakukan kontak dengan keluarganya yangsudah mati mereka harus berkonsultasi dengan dukun-dukun cenayang. Cenayang ini biasanya para wanita tua yang dikena sebagai Itako. Syarat untnk menjadi Itako harus seorang gadis yang belum mengalami menstruasi, harus menyelesaikan ritual Kamitsuke seperti mempelajari nyanyia, doa , ramalan.Wanita yang menjadi Itako ini diyakini telah melakukan pernikahan suci (Sinkon).. Dalam pestival ini para Itako berkumpul digerbang masuk ke gunung Osore untuk menjalankan prakteknya..
Alasan orang-orang mengunjungi tempat ini ada yang ingin bertemu dengan anggota keluarganya yang sudah meninggal, tetapi ada juga yang sekedar untuk berlibur saja. Tiodak semua permintaan mengadakan kontak itu berhasil.Ketika pestival berakhir para Itako pulang ke rumahnya dan mdisana mengadakan praktek / konsultasi seperti pemanggilan dewa, pengobatan penyakit juga dengan cara mengenaliroh penyebab sakait itu lalu mengeluarkan roh itu. Selain percaya perdukunan ada bukti agama di tempat suci yang sudah berabad-abad usianya ini. Di dunung itu juiga ada Kuil Entsuji yang dikelola oleh aliran Buda Zen.
Perngaruh ajaran Budaha nampak sejumlah patung Jizo. Jizo adalah dewa penjaga anak-anak. Pada musim panas berakhir patung ditutupi dengan pakaian bayi, terdapat makanan, minuman, dan mainan-mainan kecil. Ini merupakan bentuk persembahan yang dimaksudkan untuk membantu dewa tersebut d alam merawat anak-anak yang telah meninggal dan berjuang untuk dunia berikutnya

Di kota Nagasaki (kyusu) ada kafe kecil yang dinamai Andersen. Dikelola oleh Hisamura Thoshihide (40). Pria ini memiliki kemampuan supranatural dan kafenya menjadi tempat pertunjukan psykhiokinetik. Pentas tiga kali sehari. Pengunjung gratis menonton pertunjukan ini tapi penonton diwajubkan membeli makanan dengan menu yang telah disediakan. Pengunjung harus bergantian untuk menonton pertunjukan itu. Pengunjung harus datang dengan pikiran terbuka , pikiran skeptis dan rasa tidak percaya tidak diperbolehkan. Pertunjukan dimulai setelah pengunjung selesai makan.salah satu pertunjukannyapengunjung diminta untuk menyentuh Hisamura, yang kemudian akan melambatkan atau menghentikan detajk jantung sendiri.ada 28 pertunjukan. Hisamura mendapat kritik dan dia dianggap saeorang tukang sulap dengan penampilan buruk.
Kita dapat melihat bahwa bahwa gunung Osore dan Andersen menjadi dua tarik yang kuat terhadap hal supranatural yang telah membei cirri khas pada budaya Jepang. Hal-hal supranatural ini seakan sudah menjadi kebutuhan hiburan dan spiritual dikalangan mahasiswa sampai oaring tua yang menjadi kekuatan yang dinamis sampai sekarang.Berbagai media informasi mulai dari majalah sampai Tv banyak menayangkan hal-hal spiritual seprti itu, tetapi mistik-mistik yang hanya dipahami oleh orang-orang tertentu saja belum kehilangan daya tariknya.
Di Jepang di kenal dengan jam sibuk para dewa. Dikatakan ada delapan juta dewa bukan di surga adja tetapi di bumi ini. Para dewa, atau kami. Istilah kami adalah gelar bagi roh yanhg suci dan terhormat. Yang juga berpeluang menjadi kami. Para kami dapat ditemukan dimana saja termasuk di toilet. Dewa tidak semua baik ada juga yang jahat menggambar sisi gelap manusia. Orang Jepang selalu membawa jimat untuk menghindari setan jahat dan nasib buruk.Ada yang dinamakan setan Jambalang/ jin (goblin) yang berhidung panjang selalu di pajang di kuil-kuil gunung di Jepang, setan ini dikenal Tengu. Karena kekuatan gaib yang dimilikya maka Tengu ini dijadikan tokoh dalam legenda dan cerita-ceita rakyat jepang dulu kala. Tengu ini sering menyamar menjadi biksu atau biksuni tujuannya untuk menjerumuskan para biksu dioa juga dianggap sebagai penyebab penyakit. Tengu merupakan reinkarnasi dari biksu jahat yang dihukum karena sombang dan tamak.Tengu juga ada juga yang berguna, menurut legenda para tengu mengajrai rahasia beladiri dan strategi militer. Tengu dan pembasmi Iblis adalah hasil impor kebudayaan luar Jepang Yaitu Kappa yang memiliki sifat Jahat memikat anak-anak dan pencuci wanita ke dalam air lalu menenggelamkannya. Untuk menghindari hal itu, seseorang harus menyapa dengan menunduk agar cairan ajaib yang ada di mahkota kepalanya tumpah dan kehilangan kesakstiannya. Atau menawarkan makanan kesukaannya , ketimun
Hewan juga memiliki peran yang sangat penting dalam dunia supranatural Jepang.Mahluk yang mempunyai keajaiban ialah rubah hewan sejenis Tanuki, dan Ular. Selain itu banyak lagi seperti kodok, kucing, hingga cacing tanah yang dianggap rendah.Rubah adalah penipu ulung bisa menipu siapa saja, bisa menyamar sebagai siapa saja untuk menjerumuskan manusia. Di sisi lain Rubah memiliki sifat murah hati sebagaipembawa pesan dewa panen padi yang melimpah, dan sebagai penjaga kuil di Jepang.Penipu ulung lainnya adalah Tanuki, tanuki ini lebih nakal dari iblis sesungguhnya. Ketika Tnuki mencapai seribau tahun , dia akan mendapat kekuatan supranatural yang bisa mengubah wujudnya menjadi benda atau mahluk hidup.
Kekuatan mistik secara khusus dimiliki ular. DI Jepawng tarian ular disetelir yang diimpor dari India dari Cina dan Korea. Legenda china yang sangat gigemari masyarakat Jepang adalah , seekor raja Kera ajaib bernama son goku, bersama Kappa dan seekor babi, menemani pendeta buha Genzo SANZO DALAM PERJALANANNYA KE India dalam pencariannya kitab suci. Dia belajar di kuil Naranda, setelah 17 tahun. Ada juga mitologi Jepang yang diimpor dari Cina adalah burung Nue ysng dianggap roh jahat yang suka menyebabkan penyakit. Ada binatang lagi yaitu Kirin diangap hewan yang lemah lembut yang tidak berbahaya bagi segala bentuk kehidupan. Karakter inijuga dimiliki oleh Pheonix yang pernah dijadikan sebagai puncak dari kaisar wanita Jepang
Shishi, perlambang Cina yang keliru atas sinh, berdiri dipintu masuk banyak kuil dan tempat suci Jelang. Ia klaim bahwa ia seccara teknis harus dipanggi singa budha.Shishi mempunyai cirri , kepala bundar lebar, hidung lebar dan pesek, mata yang menonjol. Shishi di tempatkan berpasangan di pintu masuk. Di China, lambnag laki-laki atau janta semesta dimanisfestasikan dalam bentuk naga, sebgai dewa hujan .. Dlam seni Jepang, naga biasanya tidak muncul sepenuhnya dan digambarkan dalam posisi separuh tertutup oleh awan gelombang turbulensi.. Naga yang memiliki kaitan erat dengan ular, yang dipuja dengan hati-hati, digambarkan dalam legenda-legenda kuno Jepang
Dalam suatu Drama Jepang yang disebut drama NO yang tradisional yang mempunyai komponen supranatural yang sangat di sukai oleh masyarakat Jepang. Kelas atas.Darama ini memarkan kumpulan sandniwara terkenal mengenai mahluk-mahluk supranatural, khususnya hantu laki-laki.
Beragam maniffestasi supranatural muncul kembali dengan kuat di Jepang pada masa Heian (794-1185) dimana orang-orang berusaha untuk mengenali iblis-iblis penyebab penyakit dan kelaparan.. Priode Muromachi ( 1392-1573), objek-objek yang tidak bernyawa juga dianggap cukup kuat untuk merubah menjadi mahluk hidup. Ketertarikan terhadap hal supranatural memuncak secara signifikan. Hal ini tidak semskin berkurang walaupun adanya upaya modernisasi Jepang pada eraMeiji (1867-1912). Dasar bagi penyebaran supranatural di dalam kultur dan adapt istiadat masyarakt Jepang berujung dari penciptaan mitos itu ssendiri. Sejara mitologi zaman Kami mnunjukan pola Shinto untuk pemujaan dan kehidupan sehari-hari. Sebenarnya orang Jepang mengkobinasikan dari hal primitive maju (trendy) ini melambangkan sebuah dikotomi budaya Jepang itu sendiri. Dalam masyarakat yang penuh dengan ke kontrasan dan kontradiksi ini yang tinggi tampak melebur dengan kepakaan yang kuat terhadap kemungkinan supranatural.. Orang Jepang yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, meskipun begitu ada kemungkinan besar dalam dompetnuya menyimpan jimat , hal ini menggambarkan orang Jepang yang tidak lepas dari dunia Supranatural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar